Kamis, 17 Mei 2012

Berani Memulai Bisnis Lewat Internet

Menjadi jutawan melalui internet? Why not? Hanya saja banyak diantara kita yang masih ragu untuk memulai terjum di bisnis duni amaya ini. Padahal kalau kita menyakini keberhasilan peluang usaha ini, niscaya hasilnya pun sudah bias menjadikan diri kita sebagai calon jutawan.
Sebenarnya apa bisnis online itu? Kita sudah mengenal bisnis yang dijalankan secara offline disekitar kita, seperti rumah makan, warung, butik, took kelontong, toko buku dan lain-lain. Bisnis online sama seperti halnya bisnis offline. Bedanya, dalam bisnis online, kita menawarkan produk melalui email, milis dan situs web.



Di beberapa negara lain, sudah banyak orang yang bisa mengandalkan penghasilanya dari bisnis online. Mulai berdagang kecil-kecilan, menjual jasa adan keterampilan samapai menjadi pengusahabesar dapat mereka lakukan hanya dengan bantuan computer di rumah dan sambungan internet.
Mungkin banyak diantara kita yang masih beranggapan bahwa bisnis di internet adalah bisnis bohong belaka. Jika kita ingin mulai terjun di bisnis ini, anggapan seperti itu harus secepatnya dihilangkan. Beranikan diri dan yakinkan bahwa peluang bisnis disini bisa di andalkan, seperti halnya berbisnis online antara lain adalah:


Saya bukan orang yang ahli computer plus tidak memiliki peralatan canggih yang mendukung?


Berbisnis melalui internet bukan hanya untuk ahli computer dan memiliki peralatan canggih saja. Sekarang bisnis melalui internet sangt mudah dilakukan oleh semua orang, meskipun kita tidak memiliki computer sekalipun. Bukankah kita bisa menyewa diwarnet? Asal mengerti cara mengoprasikan makan kita bisa langsung memulai bisnis ini, bahkan hanya dengan Microsoft word sebenarnya kita sudah bisa membuat situs web dan menjual berbagai produk. Hanya saja mungkin kita butuh sedikit panduan. Selain itu, bisnis ini juga bisa dijalankan secara otomatis dan dijadikan sebagai bisnis sampingan. Jadi kita masih bisa mengerjakan bisnis yang lainnya.


Saya tidak punya modal untuk menyediakan produk yang akan dijual?


Bisnis ini bisa dijalankan tanpa modal besar. Pada jenis bisnis online tertentu, kita perlu menyewa tempat atau menggaji karyawan selama terdapat sambungan internet, bahkan kit juga bisa mengerjakan sendiri di rumah atau di mana pun kita berada.
Selain itu kita juga tidak perlu dipusingkan olej penyimpanan stok produk. Produk barang yang hendak dijual bisa di sediakan pada saat ada pesanan. Dengan begitu bisnis jenis nyaris tanpa modal.


Saya sama sekali tidak tahu cara membuat situs web?


Jangan khawatir! Kita tidak harus menjadi seorang web designer ataupun web programmer yang handal untuk berbisnis di internet kita bisa saja menyewanya jasa mereka.

Saya tidak punya pengalaman bisnis dan tidak tahu apa saja yang hendak dijual di internet?


Bisnis ini terbuka bagi mereka yang pengalamannya minim. Kita boleh dan bebas menjual apa saja melalui internet. Sehingga langkah awal, pilihlah produk yang menarik, murah tapi unik.


Apakah saya harus terhubung ke internet non stop selama 24 jam?


Jawabannya adakah TIDAK! Kita tidak perlu terhubung dengan internet selama 24 jam sehari. Yang penting, kita rutin memastikan apakah ada pesanan yang masuk.


Mana mungkin orang mau membuka situs web saya karena disana juga terdapat berjuta-juta situs web yang lain?


Memang benar, saat ini ada berjuta – juta situs web di internet dan situs web kita hanyalah salah satu diantaranya. Tak perlu cemas, ada banyak cara jitu untuk mempromosikan dan memasarkan situs web kita dengan cara mudah.


Saya juga tidak tahu bagaimana proses transaksinya? 


Jangan terlalu risau, ada banyak penyedia jasa yang bisa membantu kita dalam menyelesaikan malah ini.


Bisnis ini termasuk bisnis global, sayangnya saya tidak mahir berbahasa inggris, jadi bagaimana bisa menjual produk kepada orang asing?


Memang pada dasarnya bisnis ini termasuk bisnis global. Meskipun kita mengoperasikan dari balik kamar tidur, tapi siapapun dan dari manapun bisa menakses dan berhubungan dengan kita. Masalah penguasaan bahasa asing bisa diatasi dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan menyewa jasa penerjemaah justru yang harus dilakukan adalah bagaimana menarik pengunjung agar mau membeli produk yang kita tawarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar